Wednesday, July 10, 2013

Pekerjaan



Apa pekerjaanmu?

Aku bukan pemeriksa..
Yg harus trampil mengkalkulasi segala aspek transaksi
Mencari sisi tersembunyi dari apa yg keliatan...

Aku bukan penyidik..
Yg harus bermental baja
Mengorek data
Memicingkan mata dan telinga
Menyibak tabir

Aku bukan pengawas dan konsultan
Yg harus paham sejibun aturan
Sabar dan tawakal dengan godaan
Bersimbah peluh dari pintu ke pintu
Demi sebuah surat

Aku bukan penelaah
Yg harus amat paham aturan hukum
Segala segi musti termaknai
Beradu argumen sudah pasti

Aku bukan ahli IT
Yg harus paham dan mahir bahasa program
Mengerti benar apa itu jaringan
Berpacu dengan jaman yg kian benderang...

Pekerjaanku teramat sederhana
Senjataku bahkan bukan pena dan sebongkah berkas...
Bukan sederet komputer nan canggih...
Hanya sebuah gelas berrana
Yg tidak mampu bahkan untuk melakukan perhitungan teramat sederhana pun.
Yg tidak ada, sama sekali tidak ada hubungannya dengan pengumpulan uang negara...
Keberadaannya sering dinafikkan
Di susunan kepanitiaan berada di urutan terbawah, sebelum penanda tangan..
Bahkan suka dilupakan, ketika mbagi seragam

Profesi ini juga menuntut sang pemangku tidak bernafsu tampil
Tidak bernafsu duduk
Tidak bernafsu dapet meja
Tidak buta warna (nah lho...)

Tapi profesi ini punya banyak nama..
Tukang foto, ceklek boy, pencari muka, fotografer, dll.

Dan aku bangga menjalaninya....

No comments: